Jumat, 26 Maret 2010

seminar linux dan open source di Lhokseumawe

Komunitas Linux Politeknik Negeri Lhokseumawe , Aceh yang tergabung dalam POLICY(Polytechnic Linux Community) pada hari Rabu, 10 Maret 2010 yang lalu sukses mengadakan seminar Linux dan Open Source. Seminar ini bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan linux dan aplikasi open source di aceh khususnya wilayah aceh utara, kota lhokseumawe dan bireun. Peserta yang berjumlah 200-an lebih yang terdiri dari mahasiswa, siswa SMK/SMA, staff dan dosen terlihat sangat antusias mengikuti seminar yang bertemakan” Linux dan Open Source Sebuah Solusi Serta Jaminannya “ yang berlangsung mulai pukul 09.00-15.30 WIB. Adapun narasumber yaitu Prof.Dr.Yuwaldi Away, M.Sc (Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, Informasi dan Telematika Aceh) yang diwakili oleh Bapak Hendri Dermawan, S.Kom, KPLI Aceh dan Bapak Ahmad Haris dari Air Putih.

Peserta juga diberikan fasilitas seperti seminar kit, sertifikat, snack, makan siang, majalah infolinux dan buku panduan linux . Para mahasiswa yang tergabung dalam POLICY ini ingin menyukseskan program pemerintah IGOS (Indonesia, GO Open Source) yang ditargetkan 2011 semua instansi pemerintah dan kalangan pendidikan beralih ke open source serta ingin menjadikan Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe sebagi salah satu kampus GO open Source di tanah air.

Pada sesi pertama Bapak Hendri Dermawan.S.Kom mewakili pemerintah Aceh menjelaskan srategi Pemerintah Aceh dalam hal penggunaan Software Open Source, peranan linux dan open source sebagai solusi permasalahan bangsa untuk menghentikan pembajakan software. Pada sesi kedua saudara fachrurazi dari KPLI Aceh menjelaskan tentang kelebihan linux dan perbedaanya dengan OS lainnya serta aplikasinya. Sedangkan narasumber pada sesi terakhir yaitu Bapak Ahmad haris dari Air Putih yang merupakan salah seorang pengembang linux blankon, beliau lebih membagi pengalaman dalam hal bagaimana mengembangkan atau memodifikasi sistem operasi linux itu sendiri. Disamping itu ada sesi tanya jawab antara narasumber dengan peserta sehingga suasana ruangan semakin hidup.
berikut sedikit suasana seminar linux dan open source di lhokseumawe:








Tidak ada komentar:

Posting Komentar